Cara Terbaik Mengatasi Rambut Kering

Cara Terbaik Mengatasi Rambut Kering  - Selain tidak terlihat indah karena terkesan bercabang, dan kusut, rambut kering juga tak mudah untuk diatur. Bahkan terkadang membuat kita terkesan kusam akibat efek mengembangnya rambut kering yang sukar untuk ditata. Untuk itu dalam artikel kali ini, kita memiliki beberapa trick untuk mengatasi rambut kering. 

Pada dasarnya, keringnya rambut bersangkutan dengan kelembaban alami rambut yang telah hilang. Salah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin yaitu  dr.I Ketut Sukarata, SpKK, bahwasanya terdapat beberapa faktor penyebab rambut kering yakni faktor internal dan eksternal. Dibawah ini akan kami bahas mengenai Cara Terbaik Mengatasi Rambut Kering tersebut : 

Cara Terbaik Mengatasi Rambut Kering 



Pertama, yaitu faktor dari dalam (faktor internal). Biasanya disebabkan oleh keturunan (genetika), kemudian pengaruh hormone akibat tekanan yang ada didalam tubuh (stress). Stress membuat kinerja tubuh tidak seimbang sehingga mempengaruhi pula bagian rambut yang mengakibatkan rambut tubuh tidak dengan sehat. Kemudian, faktor internal lain juga karena kurangnya supan vitamin A, C, dan E, dan zat mineral diantaranya selenium, zinc, dan lipolytic acid, serta antioksidan yang banyak terkandung pada sayuran dan buah-buahan. Vitamin dan zat yang kami sebutkan tadi sangat membantu sirkulasi darah dalam kulit dan bagian tubuh lain, untuk itu diharapkan tidak kekurangan asupan zat dan gizi tersebut agar rambut menjadi tidak kering.

Dan yang kedua adalah dari luar (faktor eksternal).Terkadang kita melakukan beberapa perawatan rambut secara kurang tepat. Seperti halnya : 


  • Pemilihan jenis shampo dan kondisioner yang tidak sesuai dengan jenis rambut kita.
  • Penggunaan obat-obatan dalam perngeritingan, dan pelurusan.
  • Berada di bawah sinar matahari yang terlalu panas dan ekstrem serta kering. Seperti aktivitas berenang yang terlalu lama, karena didalam kolam renang terdapat klorin yang mengakibatkan rambut kering.
  • Kemudian  proses styling rambut yang berlebihan, seperti penggunaan catok dan hairdryer yang kurang beraturan. Pemakaian alat catok yang suhunya tidak sesuai (terlalu panas) dapat merusak lapisan seratin dan pada kulit. 
  • Selain itu melakukan blow rambut dengan bahan – bahan kimia yang mengandung alkohol juga dapat membuat rambut kering, dikarenakan alkohol bersifat melarutkan minyak (lemak yang terkandung didalam kulit rambut). Sehingga berakibat kulit kepala dan rambut menjadi kering. 

Dari beberapa faktor penyebab tersebut, kami akan memberikan solusinya, diantaranya :

  • Pilihlah shampo dan kondisioner yang tepat dengan jenis rambut yang anda miliki. Agar rambut tidak kering dan pecah-pecah setelah keramas anda sebaiknya menggunakan kondisoner pada bagian ujung rambut. Untuk hasil yang lebih maksimal, diharapkan menggunakan kondisioner tanpa bilas (leave in conditioner) atau serum setiap hari.
  • Sebaiknya, teraturlah melakukan creambath dan hairspa untuk menghindari rambut kering. Creambath berfungsi untuk melembabkan rambut karena dapat mengaktifkan kelenjar minyak (lemak pada kulitkepala). Sedangkan hairspa dapat memberikan asupan nutrisi secara khusus sehingga rambut menjadi lembab.
  • Pastikan anda memilih masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan menggunakannya minimal seminggu sekali.
  • Gunakan vitamin rambut yang sesuai akibat pemakaian bahan-bahan kimia dan gunakan bahan yang tidak mengandung alcohol saat pewarnaan rambut, pelurusan dan pengeritingan.
  • Ketika menggunakan alat styling rambut seperti mencatok ataupun men-blow rambut dan mengeringkan rambut dengan suhu sedang. Dan gunakan vitamin khusus rambut seperti kondisioner dan vitamin sebelumnya.

Beberapa zat yang dapat membantu rambut mnjadi lmbab dan dapat teratur :

  1. Minyak marocco dan argan dengan kandungan ekstrak bunga mawar  sangat bagus untuk kesehatan rambut karena mengandung vitamin E. 
  2. Minyak zaitun juga dapat membantu melembabkan rambut yang kering dan rusak karena mengandung vitamin E dan antioksidan. 
  3. Minyak santan kelapa yang mengandung kalsium, lemak Omega 3, serat, dan protein juga  melembabkan kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut sehingga dapat mengatasi rambut kering. 


0 komentar:

Posting Komentar