Bahaya Menggaruk Kepala Yang Gatal

Menggaruk kepala yang gatal - Berhati-hatilah terhadap hal-hal yang kita lakukan sehari-hari. Hal yang sepele saja bisa, menjadi hal yang membahayakan nantinya yang patut diwaspadai. Contohnya saja menggaruk kepala. Apakah Anda tahu, bahwa menggaruk kepala itu tidak boleh sembarangan dilakukan. Karena nantinya akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apalagi menggaruknya dengan kuku yang panjang, akan terjadi resiko penyebaran kuman di kepala.

Bahaya Menggaruk Kepala Yang Gatal
Bahaya Menggaruk Kepala Yang Gatal


Gatal pada rambut itu terkadang disebabkan karena adanya ketombe yang menumpuk pada kepala. Pada kasus ini, sangat tidak dianjurkan menggaruk kepala yang berketombe secara berlebihan. Lebih baik sembuhkan dengan shampoo atau pengobatan. Ketombe memang bukan penyakit kepala, namun keberadaannya akan mengganggu si pemilik rambut.

Mau tau alasan mengapa tidak boleh menggaruk kepala?? Ini dia ulasan selengkapnya tentang bahaya menggaruk kepala yang gatal untuk Anda..

Adanya virus atau mikroba
Garukan yang berlebihan bisa menyebabkan luka pada kepala, sehingga dengan mudahnya kuman atau bakteri masuk ke dalamnya. Dan pada akhirnya kepala terinfeksi virus atau mikroba lainnya. Hal ini akan berdampak buruk untuk kepala.

Penyakit dermatitis serboik
Penyakit dermatitis serboik
Penyakit dermatitis serboik, yang merupakan peradangan kulit yang sering terdapat pada bagian kulit yang berambut. Banyak macam penyebab dari penyakit ini, diantaranya faktor hormonal, jamur, kurangnya asupan nutrisis, dan faktor neurogenik. Jika tidak ditangani oleh ahli kesehatan dalam hal ini dokter kulit, maka penyakit ini akan bisa lebih buruk dari ini.

Intensitas keramas
Menjaga kebersihan rambut bisa menjadi langkah awal untuk mencegah terjadinya gangguan kulit ini. karena mencegah lebih baik mengobati, maka lakukanlah pencegahan dini sebelum terlambat menanganinya. 

Langkah sederhana dalam perawatan rambut agar terhindar dari gangguan ini adalah dengan keramas setidaknya 2 kali dalam seminggu. Namun pada dasarnya intensitas keramas setiap orang itu berbeda-beda. Semakin berminyak, maka harus semakin sering keramas. Jenis shampoo yang digunakan juga haruslah sesuai.

Selain keramas, dapat dilakukan dengan perawatan alami tambahan dengan mengolesi perasan jeruk nipis atau perasan nanas secara teratur pada kulit kepala. 

Setidaknya, cara diatas jauh lebih baik daripada menggaruk kepala yang akan berujung penyakit infeksi pada kepala. Tetap lakukan perawatan secara teratur sampai masalah benar-benar hilang. Tetap menjaga kebersihan kulit kepala, terutama jika Anda merupakan seseorang yang memiliki aktivitas yang banyak. Karena, keringat akan lebih cepat melembabkan kulit kepala. 

Sekian tips dari kami tentang Bahaya Menggaruk Kepala Yang Gatal. Semoga bermanfaat guys ;) 




14 komentar:

  1. perlu menggunakan syampu yang sesuai untuk rambut..

    BalasHapus
  2. Selamat Malam Mbak Septi nyimak artikel yang bermanfaat
    Tentang kesehatan untuk Rambut dan kulit kepala yah Mbak?
    Terima kasih atas info kesehatanya selamat Tahun baru 2014
    Semoga blog : xxx Tipsmodelrambut dot com semakin sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin :) thanks ya mas :D
      selamat tahun baru juga.. smoga keberkahan senantiasa melimpah untuk hidup anda juga mas ;)

      Hapus
  3. garuk2 kepala emamng kepalanya lagi sakit.. hihi nambah pengetahuan sist :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mas :D jgn keras kras ntar luka loh

      Hapus
  4. wah ane sering nig garuk kepala. *langsung garuk kepala :D

    BalasHapus
  5. Baru tahu nih ternyata ada bahaya menggaruk kepala, soalnya saya juga sering menggaruk kepala, terimakasih informasinya

    BalasHapus